Selasa, Oktober 16, 2001

Balada pak satpam.

anti skaters

tau nggak siapa musuh nomor satu skateboarder dikota-kota besar diindonesia? bukan rollerblader, bukan `college jocks`, bukan juga preman jalanan.

jawaban yang tepat ; SATPAM (satuan pengamanan) mereka bener-bener mahluk `resek` yg kurang kerjaan ngusirin skaters2 yang biasa main di parkinglot sebuah buildings yg punya feature2 kegemaran skaters seperti banks (landasan miring), marble/cement curbs, dan handrails serta tangga. ini semua jadi tempat favorit dari streetskaters karena biasanya sarana tempat skating tidak disediakan oleh pemda setempat (ngertipun belum tentu mereka soal skateboarding). sementara sarana publik dan gedung-gedung kantor,sekolah,kampus dan rumahsakit banyak memiliki feature yg sebenarnya bukan dibuat untuk skating, tapi toh bikin kita-kita `drooling` pengen menaklukannya ;p

Ini juga sebabnya banyak local skater dijakarta mengadopsi gaya hidup nocturnal, alias jadi mahuk malam. siang hari kita chillout dirumah temen doing whatever... lalu saat malam tiba baru kita berangkat skatespot hunting.

Disaat inilah friksi antar streetskater dengan para satpam terjadi. dipihak mereka mungkin kita dianggap sekedar berandalan yang niatnya mau ngerusak dan mungkin berbahaya buat keamanan gedung yg dijaganya.

Sebenarnya fenomena ini nggak cuma ada diindonesia, diamerika sendiri para streetskaters paling langganan diusir bahkan ditangkap dan didenda. kita masih enak disini belum ada perda yg mengatur soal ini. kalo diamerika dan singpura misalnya, coba-coba skating ditempat gedung atau sarana publik lainnya urusannya bukan sama satpam lagi tapi sama polisi langsung. cuma enaknya mereka punya pemerintah yg pengertian berani bikin larangan skating ditempat umum, tapi juga membangun public skatepark.

sementara disini boro-boro skatepark, puskesmas aja masih bobrok dan kumuh gini...kalaupun ada, itu buatan skaters juga dengan

dana patungan dan terancam suatu waktu digusur (contoh ; TLLskatepark - bandung R.I.P.) . coba aja ada orang berduit mau

nyumbang tempat dan dana buat bikin skatepark (yea right...) atau mungkin nggak ya,programnya tonyhawk sampe kesini juga?

berikut beberapa `ilegal`skatespot favorite gua jakarta-bandung ;

-pondokindah plaza ; banks,stairs,marble ledges, banyak satpam cuma waktu siang

-ratuplaza basement parkinglot ; smooth cement surface, rails, ledges, benchs. full satpam 24/7

-blok-m & melawai plaza ; hanya bisa buat main malam hari (siang full of passer by) area luas, banyak pilihan stairs,banks

rails,handrails,bench etc. + kalo malem banyak pecun ;) dan preman (jadi harus bawa teman 10 orang/lebih biar nggak dipalak)

-kampus ITB bandung ; stairs,banks dan handrails (harus punya kenalan anak sana biar nggak risih maen dikampus orang)

-balikota bandung/gedung sate ; stairs, cement curbs etc.

ada yg tau tempat umum laen yg kira2 enak buat skating? (ada tangga,handrails,ledges,bench,banks etc plus satpam yg nggak rese) hit comments :-)

PS; sorry isinya rada curhat...baru dapet pengalaman pribadi sih...x-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar