Selasa, Juni 25, 2002

ANALISIS JERMAN vs KOREA

oleh bung Aan d'invzbl man



inilah dia semifinal yg paling menarik. karena was - was, jangan2 Jerman adalah tim berikutnya yg ditumbangkan oleh Korea. negara Asia pertama yg melaju ke babak semifinal. okey, posting ini sangat2 subjektif. tp gue berusaha tetap objektif. masalahnya gue kemaren megang spanyol dan kalah. dan bisa dikatakan kalo korea sangat terbantu oleh wasit. gue gak tau kejadian pas sama Italy, tapi jika 2 gol dalam satu pertandingan dianulir oleh wasit - luar biasa, kan ?. terutama gol morientes di babak perpanjangan waktu. jelas2 bola nampak belum keluar lapangan, namun hakim garis menyatakan out. Sepp Blatter pun menyatakan memang sangat menyesalkan tindakan beberapa wasit dan hakim garis yg kurang awas sehingga merugikan salah satu tim. contoh lain adalah ketika Mexico - AS. ketika sepak pojok untuk mexico, seorg pemain AS - yg bukan kiper Friedel - meninju bola dg tangannya sehingga selamatlah gawang AS. dari tayangan ulang nampak jelas 'pencinta maradona' ini meninju bola. pelatih meksiko bahkan sudah berteriak2 mengangkat tangan pertanda handsball - yg dilakukan di kotak pinalti - dan merupakan keuntungan bagi meksiko. namun wasit gak ngeliat, pertandingan jalan terus. bayangkan, pelatih meksiko dari jarak setengah lapangan mampu melihat kejadian tsb tapi tidak wasit dan hakim garis yg berada di sekitar lokasi.



masih ada keganjilan2 lain. demikian juga ketika Inggris - Brazil. wasit terlihat begitu membela Inggris, bahkan mengkartumerah ronaldinho.belakangan, ronaldinho dibolehkan main di final atas kesepakatan FIFA krn terbukti tacklenya tidak begitu keras. untungnya brazil menang, jd Scolari tidak murka seperti Trapattoni ketika Totti diusir wasit. sebenernya, wasit2 di perempat final ini sudah melewati seleksi ketat. nyatanya masih ada juga kejadian kontroversial. 2 gol dianulir. setiap pendukung spanyol pasti akan kesal. bahkan, headline surat kabar hari ini menyatakan bahwa Spanyol dirampok. Casillas tidak berdaya, karena sudah letih menghadapai 10 pemain selama 120 menit masih ditambah tekanan dari puluhan ribu penonton berkaos merah.



seorang teman yg frustasi karena spanyol terdepak - at least lebih menyesal dari gue pas inggris kalah - menyatakan, kalo kejadiannya kayak gini sudah pasti Korsel bakal lolos ke final. didukung 65 ribu penonton yg diperkirakan akan memenuhi stadion di Seoul, dan kemungkinan wasit - apalagi yg dibutuhkan Ahn Jung Hwan dkk ?. untuk itu, mari kita doakan supaya pak Urs Meier yg kemungkinan akan menjadi wasit di pertandingan ini mampu mengambil keputusan dengan baik dan adil. gue juga pasti bangga kalo korsel ke final, asal dengan cara yg betul2 murni dari pencapaian mereka. tidak dinodai oleh keputusan kontroversial. untuk wasit, memang 'gak ada noda ya... gak belajar' - spt kata iklan sabun cuci. tapi setelah ada 'noda' sebaiknya FIFA dan komisi wasit betul2 belajar. kalo perlu Collina diturunkan. memang beliau tugas resminya jadi ketua komisi inspektur pertandingan, tapi untuk pertandingan besar apa salahnya menggunakan wasit yg juga bernama 'besar'. dan kalo Korea lolos dengan murni, tentu ini akan menambah salut untuk mereka dan mengurangi cemoohan yg selama ini terdengar.



dan tentu saja, Guus Hiddink akan mendapatkan lebih dari sekedar gratis naik pesawat first class selama 4 tahun dan bir gratis seumur hidup. namun lebih banyak lagi, menambah 1,6 milyar yg terus didapatkannya dari tiap babak yg dimainkan oleh tim korea selatan. bagi Jerman, ini adalah pembuktian bagi Rudi Voeller. setelah di penyisihan eropa terseok2 bahkan digebuk Inggris 5 gol. kini jerman jadi tim yg paling stabil. meskipun dilecehkan karena main tanpa teknik, dan bermain 'semenang-menangnya', namun gue melihat Jerman cukup bagus. Ballack sepertinya sudah mulai terlihat seperti Lothar Matthaeus. gue cuman berharap gak ada lagi pemain macem Jurgen Klinsmann, hehehe...:). Klose ? kini golnya sama dengan ronaldo (yg diperkirakan tidak turun lawan turki krn cedera) dan rivaldo. masih ada kemungkinan jadi top skorer. dan kiper Oliver Kahn pastinya lebih bermental baja dibanding Iker Casillas jika terjadi adu penalti. semoga pertandingan hari ini jam 1/2 7 malam nanti akan berlangsung baik. hidup Urs Meier...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar