Senin, Juli 29, 2002

harga hak siar melangit, RCTI tinggalkan liga italia



hal tersebut disebabkan karena kenaikan yang dipatok distributor pemegang hak siar Liga Italia, SPORT 5, terlalu tinggi. kenaikannya mencapai 2 kali lipat. padahal pada 3 musim terakhir, 4 pertandingan per pekan, biasa dipatok usd 1,8 juta (sekitar Rp 16,2 miliar). tapi pada musim depan, pihak SPORT 5 menaikkan harga menjadi USD 3,2 juta.

biaya yang di tanggung sebenarnya bukan itu saja, pihak pembeli hak siar harus membayar biaya laen seperti pajak 10 %, biaya uplink (USD 2500), biaya downlink (USD 2500) dan beberapa pos pengeluran yang laen.

itu belum termasuk biaya produksi Rp 2,3 miliar.

dari taon ke taon, harga hak siar liga italia memang mengalami kenaikan. ini lantaran tingginya peminat liga italia di tanah air. beberapa stasiun TV bersaing keras menawarkan harga tertinggi untuk mendapatkan hak siar. pihak distributor berpeluang mempermainkan harga karena stasiun2 televisi di Indonesia berjalan sendiri2.

padahal di Singapura, Malaysia dan Thailand, Liga Italia tidak laku. tak heran bila harga pembelian hak siar di ketiga negara tersebut murah sekali. mereka sengaja mempermainkan stasiun TV di Indonesia.

selain itu, pertimbangan RCTI mundur dari penayangan Liga Italia karena akhir2 ini ratingnya merosot. setidaknya terbukti dari 14 klub yang sudah menyatakan bergabung ke distributor SPORT 5, ternyata ada 4 klub yang tidak mau ditanyangkan.

RCTI rencananya mau memegang hak siar Liga Jerman, BUNDESLIGA. terlepas dari itu, RCTI juga punya rencana jangka panjang terhadap tayangan Bundesliga. Ingat, Piala Dunia 2006 bakal dihelai di Jerman. dengan membeli hak siar Bundesliga, bisa jadi hal itu memudahkan lobi mereka di Piala Dunia mendatang.

sementara itu, kompetisi Bundesliga baru dimulai pada 10 agustus mendatang, dan akan ditayangkan setiap Sabtu dan Minggu mulai pukul 22.25 WIB. sebagai partai pembuka RCTI bakal menayangkan partai klasik antara Bayern Muenchen versus Borussia Moenchengladbach dari stadion Bokelberg. untuk sponsor, RCTI bekerjasam dengan beberapa perusahaan Jerman di Indonesia melalui Indonesia-Jerman Forum, Indonesia-Jerman Circle. selain itu juga bekerja sama dengan kedutaan besar Jerman di Indonesia.

selain tayangan Bundesliga, RCTI juga menayangkan Liga Champions, UEFA dan kualifikasi Piala Eropa 2004. juga bulan september mendatang, RCTI juga menayangkan event Asian Games XIV di Busan Korea Selatan.



CIAO ARRIVEDERCI LEGA CALCIO ! VEDERE TU IN BUNDESLIGA

WILLKOMMEN IN BUNDESLIGA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar