Kamis, September 27, 2001

the birdman


Tony hawk, setelah sukses dengan videogamenya; Tonyhawk - pro skater (best selling game) bersama activision dan peluncuran autobiografinya ; "Ocupation ; Skateboarder", kini `the birdman` merambah kehollywood dan membintangi film "Max Keeble's Big Move" dan juga turut berperan difilm "The New Guy".

Tony memang punya hak untuk semua kesuksesan itu. dari sejak dulu (era `bones brigade` bersama team powell perallta ) hingga kini memiliki skate company sendiri ; Birdhouse ,dia memang masih bisa dianggap skater terbaik saat ini...at least di kelas `vert` (though he could kickass on the street too)

The man is a fucking legend. tapi sebenarnya dikalangan pro skaters dan industri skateboarding ada sedikit suara2 miring, terutama dari kelompok yang dari dulu paling `hardcore` dan idealis dalam hal masuknya industri-industri diluar (/yg nggak ada hubungan dengan) skateboarding kekompetisi. kelompok seperti foundation co. ,tumyeto, dan pro mike vallely sering mengkritik masuknya media `big corporation` seperti espn,mtv dalam dunia skateboarding. padahal dulunya waktu skateboarding belum popular dan belum dianggap `cool`, semua permintaan sponsor ditolak mentah-mentah. skateboarding dulu hanya dianggap aktivitas `vandalisme` dan `tidak menguntungkan buat disponsori.

Coba lihat di espn sekarang, perhatikan sponsor dan banners yang tersebar ditiap sudut arena...ada the AT&T,gap,gatorade,nike,slimjim,ford trucks,bagel bite (???) etc. now what the fuck is that? those money grubbing companies nggak peduli sama skateboarding, tunggu 2-3 tahun lagi kalo skateboarding sudah nggak dianggap `cool` `trendy` `extreme` or whatever bullshit gimmicks, mereka akan cabut dan mensponsori hal lain yang lagi `ngetrend` . sekarang pun di kompetisi `extreme games`nya espn mulai dipertandingkan sport `banci` macam rollerblading, street ludge dan lain lain. hal ini membuat skateboarders,BMXers dan snowboarders rada gerah karena seolah mereka disatukan sama para faggotass rollerbladder itu

Sementara skate company yang capek-capek membesarkan event dan acara pertandingan dan mesponsori skater amatir hingga menjadi pro terkenal saat ini tidak lagi mampu bayar pasang iklan di perusahaan besar macam espn.

Bagaimana diIndonesia? skateboarding belum bisa dibilang sebagai industri disini. kita masih pure for fun (the way its suposed to be) walau beberapa retailer,skateshop dan license holder mulai mensponsori amatir dibandung dan jakarta. dan perusahaan elektronik phillips juga mensponsori seri pertandingan phillips Xrages. tapi untuk berapa lama mereka commited diskateboarding? not long i bet...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar