Minggu, September 30, 2001

Pasca SEA Games XXI Kuala Lumpur

KONI KELEBIHAN DANA 12 MILIAR






Masih ingat dengan gembar-gembor KONI Pusat beberapa minggu sebelum keberangkatan yang mengungkapkan bahwa Kontingen Indonesia untuk SEA Games kekurangan dana? Kenyataannya itu tidak benar. Seperti pada dua tahun lalu, pasca SEA Games KONI Pusat justru kelebihan dana. Hebatnya dana yang tersisa diperkirakan mencapai 12 miliar rupiah.



Jika kita melihat mundur persiapan kontingen Indonesia saat pelatnas sentralisasi dilaksanakan, beberapa cabang bahkan harus menunggu kucuran dana dari KONI Pusat untuk kelanjutan pelatnas. Lihat saja apa yang terjadi di cabang Berkuda dan Boling, yang menurut Achmad Solihin, Kabid Promosi dan Media Pelatnas SEA Games, harus menunggu pertanggung jawaban dana sebelumnya untuk mengucurkan dana tahap kedua mengingat terbatasnya dana yang tesedia di "tabungan" KONI.



"Secara kasar nampaknya memang ada selisih dana yang cukup besar untuk "proyek" SEA Games XXI ini," ujar Abdul Wahid, Bendahara Pelatnas. Ia hanya mau menyebutkan selisih dana sekitar 12 miliar rupiah, tanpa menyebut lebih rinci asal muasal dana sisa tersebut. Beberapa pos pengeluaran yang belum tertutupi seperti tiket pesawat, pembayaran hotel serta termasuk seragam kontingen adalah beberapa pengeluaran yang menurut Abdul Wahid membuat dana sisa itu belum final.



Beberapa pos pengeluaran yang diungkapkan ini sebenarnya menimbulkan pertanyaan besar, PT Garuda Indonesia sebelumnya sudah memastikan akan memberikan bantuan berupa tiket pesawat yang akan digunakan oleh seluruh kontingen Indonesia. Dengan demikian, tiket pesawat sebenarnya sudah tidak masuk dalam daftar pengeluaran pelatnas. Setidaknya pos pengeluaran ini harus ada pertanggung jawaban yang jelas mengingat beberapa cabang harus mengencangkan ikat pinggangnya untuk berpartisipasi membawa nama bangsa. "Saat ini dana final belum kami dapatkan dan masih dalam proses audit akuntan publik," tambah Abdul Wahid.



Pos Pemasukan KONI Pusat

Menpora : 1,99 miliar

Badan Pengelola Gelora Bung Karno (BPGS) 15

Pemerintah : 15,5 milyar

Pemda Tk I se-Indonesia : 8,372

Bank Mandiri 7 (dari rencana 10 miliar)

Telkomsel

PT Japfa Comfeed

PT Jasa Marga

Extra Joss

Perorangan : 1,5

Total : 49



Pos Pengeluaran SEA Games XXI

Anggaran Kontingen : 14

Seragam Kontingen : 2,9

Peralatan Atlet : 1,303

Bonus medali : 3.207

Total : 36

Ket : Angka dalam miliar rupiah dan dilakukan pembulatan, beberapa sponsor tidak menyebutkan besar dana secara rinci.



..... hayo kemana aja tuh duit ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar