Rabu, Februari 13, 2002

"Dutch Master" Tim Oranye siap layani Eriksson

Hari ini tim Nas Inggris asuhan Svan Goran Eriksson bakal dijamu timnas Belanda beserta para " Dutch Master"-nya di Amsterdam Arena, dalam sebuah partai persahabatan. Berikut ini beberapa pemain kunci Tim Oranye, yang gagal lolos ke Piala dunia 2002.



EDWIN VAN DER SAR

Sudah 57 kali ia memperkuat timnas belanda dalam kurun waktu enam tahun. Van Der Sar melakukan debutnya sebgai kiper bagi Ajax pada usia 18 tahun. Dua musim lalu ia bergabung dengan Juventus dengan transfer 7 juta pondsterling. Kini tampil cukup memukaiu di liga Primer bersama Fulham. kiper jangkung ini handal dalam mematahkan tendangan lawan, memotong umpan silang dan melepaskan tembakan matang.



EDGAR DAVIDS

Gelandang ini mendapat julukan "pit bull" lantaran aksinya yang "ngotot" dan kombatif di lini tengah. Davids juga handal dalam menciptakan peluang dan mencetak gol, dua tahun absen di timnas Belanda pada 1996 karena hubungan yang kurang baik dengan pelatih waktu itu Gus Hiddink, total dia sudah 40 kali memperkuat Belanda dan menyumbangkan 4 gol. Ia boleh turun dalam partai kali ini karena merupakan partai persahabatan, namun sayangnya dia dicekal dari pertandingan lain karena hasil test menyatakan ia positif menggunakan doping nandrolone.



FRANK DE BOER

Ia melakukan debutnya bagi timnas pada tahun 1990, dan sampai sekarang ia sudah memperkuat negaranya 87 kali. ini membuatnya menjadi pemain paling veteran Tim Oranye. sejauh ini telah menyumbang 10 gol. De Boer merupakan bek tengah tangguh yang sanggup memincu serangan dari lini belakang. selain itu ia juga kuat dalam duel udara. karirnya amat berkaitan dengan kiprah Louis Van Gaal, pelatih yang menukanginya di Ajax dan lalu menariknya ke Barcelona. Seperti Davids, De Boer juga terkena cekal lantaran kasus doping.



RUUD VAN NISTELROOY

Dalam 12 kali tampilan bersama Belanda, ia menyumbang empat gol. Tangkas saat menguasai bola, Van Nistelrooy juga tangguh dalam duel udara. Ia merupakan pencetak gol alami dan berpotensi untuk menjadi penyerang yang sempurna. Ia bergabung dengan Manchester United dari PSV dengan harga 19 juta Pondsterling, yang sempat menjadi rekor transfer Liga Primer. Belakanhan ini Van Nistelrooy tengah amat tajam dan sudah pasti bakal menjadi ancaman serius bagi Inggris.



PARTRICK KLUIVERT

Tiga puluh gol dalam 51 penampilannya bersama Belanda otomatis membuatnya sebagai striker pilihan pertama Tim Oranye. Ia mengawali karirnya aetelah melewati gemblengan sekolah sepak bola Ajax. Lantas menjadi ujung tombak skuad Ajax yang waktu itu menjadi juara liga champions. pada 1997 ia sempat memperkuat AC Milan, namun karena tidak berkembang ia ditarik Van Gaal ke Barcelona . Inggris sudah pasti kerepotan mengawal Kluivert, yang kuat secara fisik, gesit dan penceta gol yang handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar