Senin, Mei 19, 2003

Sekedar mengingatkan, bahwa di awal kompetisi Liga Champions, di Blogsport ini Gue pernah posting tentang kebangkitan Klub-klub jawara Italia di Liga Champion, yaitu Juventus dan AC Milan. Prediksi itu bukan semata-mata karena Gue menyukai Liga Italia, tapi lebih dari itu Liga Italia di musim kompetisi ini memang sedang bangkit.

Ditandai dengan hengkangnya pemain-pemain bintang yang gak betah, di antaranya adalah Zidane dan Ronaldo. Pemain yang terakhir ini memang gak berguna sama sekali untuk klub Italia yang pernah diperkuatnya. Hengkangnya pemain-pemain yang gak betah itu justru menciptakan kondisi team yang semakin mandiri dan tidak hanya bertumpu pada pemain asing sebagai kekuatan team. Walaupun kontribusi pemain asing tetap dibutuhkan. Tetapi lihatlah statistik top scorer Liga Italia yang justru didominasi oleh pemain lokal. Christian Vieri dengan 24 gol tidak terkejar lagi oleh Del Piero dan Inzaghi yang hanya mengoleksi 16 gol. Sedangkan Pemain asing yang berhasil merajai top scorer hanya duet Parma, Adrian Mutu (16) dan Adriano (14).

Ditambah kapasitas pelatih bertangan dingin seperti Lippi, Ancelotti, Capello dan Cuper (keempat pelatih ini yang menangani empat klub yang memang pernah merajai Liga Champion), menjadikan permainan team lebih terorganisir dan itu dibuktikan dalam semifinal Liga Champions yang didominasi oleh Lippi, Ancelotti dan Cuper. Semua orang tahu Lippi dan Capello dapat dijadikan jaminan untuk menjadikan team yang ditanganinya memiliki determinasi tinggi dan bermental juara.

Jadi kalo sekarang Italian Final jadi kenyataan... ya sudahlah buat yang anti Liga Italia selamat menangis deh... Dan buat pengagum Ronaldo atau Zidane... Kaciannn deh lo.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar